Backup dan Restore database MySQL

Dalam membuat dan merawat database terkadang kita harus melakukan backup secara berkala agar kita bisa siap pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada database. Blog saya pun di backup secara berkala oleh hosting tempat saya menyimpan data. Hal ini penting, salah satunya ketika saya memindahkan url blog, saya harus membackup database dan blog saya terlebih dahulu untuk kemudian dipindahkan direktorinya.

Cara membackup database cukup mudah, pertama-tama masuk ke command prompt terlebih dahulu (dalam hal ini saya menggunakan OS Windows), jangan lupa, untuk melakukan command-command dibawah, kamu tidak perlu masuk MySQL sebagai admin, cukup lakukan diluar. Ketikan perintah seperti dibawah ini :

mysqldump -u root -p db_dummy table1 table2 > backup_partial.sql

db_dummy diatas adalah nama database, table1, table2 adalah nama tabel pada database db_dummy, backup_partial.sql adalah nama file backup yang ingin kita buat. Command diatas digunakan jika kita ingin membackup database hanya pada database tertentu saja, lalu bagaimana caranya jika kita ingin membackup seluruh database? mudah, kita hanya mengubah sedikit command diatas seperti ini :

mysqldump -u root -p db_dummy > backup.sql

dengan perintah diatas, MySQL akan melakukan dump pada seluruh database db_dummy, ketika tombol enter ditekan, MySQL akan meminta password admin, lalu file backup akan terbuat otomatis pada direktori dimana anda berada,

Lalu bagaimana caranya melakukan restore database? sama seperti command diatas, tapi ada sedikit beberapa perbedaan, buka command prompt, dan arahkan direktori dimana file backup kamu berada, lalu masukan command seperti dibawah ini :

mysql -u root -p db_dummy < backup.sql

perbedaan ada di tanda panah “>” dan “<“, untuk melakukan command diatas juga tidak perlu masuk ke MySQL sebagai admin, cukup lakukan di luar.

Regards,

2 thoughts on “Backup dan Restore database MySQL”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *