GemasTIK 4 The Untold Stories Part III : Give me the code!

Hari ketiga di Surabaya, saatnya untuk tim pemrograman beraksi, bangun jam 6 pagi ternyata teman sekamar sudah pada siap semua, padahal semalam abis begadang, saya yang gak begadang malah kesiangan =)) Setelah makan pagi yang telah disiapkan panitia, kita bergegas langsung ke ITS dengan bis yang telah disediakan panitia. Final Lomba Pemrograman kali ini, di laksanakan tepatnya di Lab. Programming ITS dan Tim “Mod” dapat tempat duduk paling depan, samping kiri kita adalah tim “Pembuat Soal Gemastik” dari Binus dan belakang kita adalah “Vidina” dari Universitas Indonesia. Disini saya juga sudah melihat juara tahun lalu, tim Saklar Lomphat dari UI sudah datang di tempatnya, tim dongskar pedongi dari ITB juga sudah datang walaupun pentolannya agak terlambat datang :D.

Semua tim dari USU, Binus, UI, ITB, Telkom, ITS, Budi Luhur, UNM sudah datang. Lomba dimulai jam 10 pagi, 5 menit sebelum itu soal nya pun di bagikan, saya sudah berfikir soal kali ini pasti juga diambil dari SPOJ, tapi ternyata tidak. Setelah final selesai, saya coba mencari soal-soal tersebut, cukup dengan googling saja saya mendapatkan beberapa soal berasal ACM/ICPC 2004 di jepang dan dari TUD PC 2008. Tapi tetep sih judulnya “nyomot”. Sekedar memberitahu, pada saat penyisihan panitia pemrograman gemasTIK dicecar karena soal penyisihan tidak orisinil, tapi diambil dari SPOJ. Sepertinya panitia bisa bertindak cepat, dengan tidak mengambil lagi dari SPOJ, tapi dari tempat lain =))

Soal yang disiapkan panitia berjumlah 8 soal, yang ingin melihat soalnya, silahkan download disini (Saya dapat soft copy nya dari blog felik juvianto dari tim vidina), soal-soal tersebut antara lain:

1. The Legendary Map

Kita gak ngerti nih soal, tapi kalau saya lihat dari blognya mas felik katanya sih ini intinya graph coloring, weh kalo graph coloring kebetulan di TA saya yang berhubungan dengan image processing juga memakai itu. Tapi beneran saya juga gak mudeng untuk soal yang ini.

2. Weird Balance

Ah, ini salah satu soal yang “kelihatannya” mudah tapi ribet, kombinasi nya banyak, alhasil kita buat aja kode “akal-akalan”. Masih inget banget tadinya kita buat pake C++, tapi karena ada beberapa cara yang kita kurang paham bagaimana cara memakainya di C++, jadi pindah Java aja, pake Collection terus hajar pake Brute Force, dan seperti yang sudah di duga kena TLE, buahaha tapi kita yakin jawabannya udah bener, cuma algoritma nya kurang efisien aja jadi kena TLE :)).

3. 3D T3

Gak ngerti Y_Y

4. Playing Dart

Ini si Alfie kalo gak salah udah berhasil nemu algoritmanya pas dia analisa dari test case di soalnya. Tapi pada bingung gimana cara buat programnya.

5. The Umbrella

Gak sempet mikir soal yang ini. Tapi dari tim Pemrograman Budi Luhur yang lain,si Subhi dari tim The Blue Dragon konon udah sempat mengerjakan soal ini, katanya si fauzia yang matkul metnum nya dapet 100 udah tau langkah-langkahnya =)).

6. Fenomena Palindrom

Soal bonus, pas soal pertama kali dibuka. Si Endry langsung nyoba kerjain ini karena dia pernah ngerjain soal palindrom, berdua ngerjain sama si Alfie menganalisa dan buat testcase. Sempet kena TLE,  tapi AC juga akhirnya 😀

7. Rectangles on a Grid

Ah bosen nih bilangnya, tapi ini si Alfie juga udah nemu algoritmanya tapi kita bingung nerapinnya 🙁

8. Domino Tiles

Udah dikerjain, tapi masih dapet WA. Waktu Injury Time masih berusaha di soal yang ini tapi masih belum berhasil juga. Pada kebingungan buat test case nya….hahaha,

Overall, tim Mod hanya bisa solve 1 dari 3-4 Soal yang kita mengerti. Lagi-lagi pengalaman memang berbicara disini. anyway, Tim Dongskar Pedongi sapu bersih semua soal, keren :D. Walaupun kalah kami cukup senang bisa ikut berpartisipasi dalam event kali ini, bisa sekelas dengan orang-orang hebat seperti mereka itu benar-benar menyenangkan, aura dewa nya sangat kental terasa, kalo gak tahan bisa pusing-pusing, wkwkwkwk…Ketika lomba selesai, panitia sempat memberitahukan kita bahwa ketika final berlansung telah terjadi gempa sebesar 6.8 Skala Richter. Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa dengan kami.

Tim Pemrograman UBL menurut saya sudah mengalami kemajuan dibanding gemasTIK sebelumnya, tahun depan gemasTIK akan diadakan di ITB, dan sepertinya akan lebih seru 😀 dan entah kenapa saya yakin tahun depan tim pemrograman Budi Luhur sepertinya bisa berbicara lebih banyak 😀 Kita pulang tidak dengan tangan hampa, kita pulang dengan banyak pengalaman berharga.

regards,

7 thoughts on “GemasTIK 4 The Untold Stories Part III : Give me the code!”

  1. Wah, keren gan blog-nya. Aku oprek dari first post. Dah lama juga kenal java. Sekilas memang terlihat lebih tua gan (^.^)v maaf gan :D. Tapi ternyata aku yang lebih tua T.T. Agan lebih pintar nih. Ntar aku oprek-oprek lagi deh, byk yang diriku gak ketahui. Jadi inspirasi juga nih, maupun dalam pemrograman ataupun penulisan blog :D. Maklum masih pemula :D. Btw, JUG itu kapan aja gathering?.

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    wah agan terlalu berlebihan nih 😀 thanks ya komentar nya 😀

    [Reply]

  2. buseeett.. gini toh isinya untuk lomba programming. salut dahh.. isinya logika2 tapi pake english 🙂

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    wah mila tumben ke blog gw..hehehe, 😀

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *