Konversi Video ke format Mp3 pada Linux

Beberapa waktu yang lalu saya ingin mengkonversi beberapa file video saya ke format mp3, dulu ketika di Windows itu bisa dilakukan dengan mudah, cukup googling sebentar dan cari applikasi yang cocok dan kompatibel, beres. Tapi berhubung saya terhitung baru di linux, saya agak kebingungan bagaimana mengkonversinya, ternyata mengkonversi file video di Linux tidak sesulit yang saya bayangkan :D. Linux sudah mempunyai repository yang berhubungan dengan codec dan audio. kita hanya tinggal menggunakannya saja. Ada 2 cara dalam mengkonversi file ini, yaitu :

1. Menggunakan aplikasi WinFF

Pertama-tama install WinFF dengan menggunakan command di bawah ini :

$ sudo apt-get install WinFF

Tunggu sampai instalasi selesai. Jika sudah, pastikan aplikasi tersebut sudah muncul di direktori “Sound & Video”. Menginstall aplikasi ini tidak serta merta menginstall codec yang dibutuhkan untuk mengkonversi file video ini. Jadi jika kamu sedang mengkonversi lalu mengalami kegagalan, besar kemungkinan itu karena codec nya belum terinstall, cara menginstall nya cukup dengan command dibawah ini :

$ sudo apt-get install libavcodec-extra-53

Sekarang coba ulangin proses konversinya. Seharusnya sudah berhasil :D, berikut adalah tampilan aplikasi WinFF.

WinFF

2. Menggunakan command line

Cara ini lebih “linux banget”, hahaha. Pastikan ffmpeg sudah terinstall, caranya ketik ffmpeg di command prompt lalu enter, jika muncul notifikasi seperti ini :

kusandriadi@kusandriadi-pc ~ $ ffmpeg
ffmpeg version 0.8.4-4:0.8.4-0ubuntu0.12.04.1, Copyright (c) 2000-2012 the Libav developers
 built on Nov 6 2012 16:50:25 with gcc 4.6.3

itu berarti sudah terinstall dengan baik di linux kamu, selanjutnya untuk mengkonversi file video nya, jalankan command di bawah ini :

ffmpeg -i name_of_video.flv -f mp3 -vn -acodec copy /home/user/name_of_music.mp3

Jika ketika menjalankan perintah diatas kamu mendapat pesan seperti “mp3 not found”, itu berarti codecnya belum diinstall, kalau begitu coba install libavcodec-extra-53, caranya sudah saya tunjukan di atas 😀

Regards, 

tandatangankecil

3 thoughts on “Konversi Video ke format Mp3 pada Linux”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *