Menjadi Programmer Otodidak

Apakah anda tau fenomena lintang di film laskar pelangi yang hanya bermodalkan semangat untuk belajar tapi dia bisa mengalahkan murid-murid dari sekolah unggulan dalam cerdas cermat? Belajar karena keadaan yang tidak mendukung tapi dia memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi orang pintar daripada orang-orang yang sekolah di sekolah unggulan yang berfikir dengan membayar uang sekolah mahal-mahal berarti mereka sudah membeli ilmu? Emangnya apa hubungannya lintang sama programmer? Ini hanya logika nya, terus baca^^hehe….

Setelah melihat artikel-artikel disini dan disana. Saya jadi berfikir, ada benarnya juga ketika ada yang bilang programmer otodidak lebih baik dari Programmer Sarjana dalam artian programmer yang hanya belajar pemrograman dari Universitas (pendidikan formal). Saya sebagai Calon programmer (amiin,mudah2an bisa jadi programmer Java^^) yang menekuni dunia pemrograman lewat universitas pun menjadi agak tersindir.Kenapa bisa banyak orang berasumsi klo belajar otodidak pasti lebih expert daripada programmer yang belajar dari universitas? Yang ingin saya tekankan disini adalah “mengapa programmer otodidak lebih unggul?”

Jawabannya adalah karena orang yang belajar otodidak biasanya niat dan kemauannya lebih besar daripada programmer yang lulusan fak. TI (formal), semuanya berawal dari niat, mereka lebih disiplin dalam belajar dan lebih bisa mengatur waktu untuk belajar. Dimulai dari keterpaksaan dan diakhiri dengan kepasrahan,hehe…kalau soal materi pemrograman, dimana-mana sama, dimulai dari if-else, if-else-then, nested if, looping, dst. tinggal beli buku di toko buku, lalu baca, pahami, dan resapi,hehe…rajin membaca, mencoba dan terus mencoba, klo otak udah mentok tinggal buka search engine seperti google dkk atau gabung di forum programmer, beres kan? Percaya atau tidak, Semua materi kuliah kamu dari Semester 1 sampai akhir kalo kamu nyari di google itu ada. Bahkan mungkin lebih lengkap dari buku pegangan dari dosen atau slide bikinan dosen kamu.Jangankan nyari materi kuliah, kamu search keyword “kodok nungging” aja juga bakalan keluar hit nya…gak percaya? Coba aja,hehe…

Maksud saya menulis artikel ini karena ingin share kepada calon-calon programmer muda dan rookie seperti saya untuk memulai banyak membaca dan latihan, banyak latihan karena banyak membaca. Materi yang didapatkan di universitas TI manapun tidak akan pernah cukup untuk membawa kita jadi orang yang unggul, janganlah kita menyia-nyiakan kesempatan bagi kita yang bisa kuliah, karena banyak orang-orang yang ingin melanjutkan kuliah tapi tidak bisa, mari kita lulus dari universitas dengan SKILL yang unggul daripada IPK yang unggul, mudah-mudahan kita lulus bisa menjadi orang yang berguna bagi bangsa ini, bukan lulus hanya untuk menambah angka pengangguran.

Ok,itu saja mungkin yang bisa saya share. Pasti ada pro dan kontra nya. Terima kasih sudah menyempatkan membaca artikel saya.

5 thoughts on “Menjadi Programmer Otodidak”

  1. Inspired Mas hehe, semoga bisa menjadi salah satu dari bibit unggul itu.
    Salam Budi Luhur!baru tau juga kalau Mas Kus alumni kelas unggulan juga haha, salam kenal sekali lagi Mas

    [Reply]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *