Menyimpan, mengambil dan membagi file kapanpun dan dimanapun dengan DropBox

Di zaman yang serba mobile seperti sekarang membuat kita harus mempunyai storage yang cukup besar sebagai penampungan file-file yang sering digunakan, banyak sekali storage online yang beredar, salah satunya dropbox yang saya gunakan, saya menggunakan dropbox karena sinkronisasi file antar device menjadi jauh lebih mudah.

Pada saat pertama kali mendaftar ke dropbox, kita akan mendapatkan free storage 2GB+free bonus storage 500MB. Lebih dari cukup untuk menyimpan foto, file dan data-data kecil. Fitur yang paling saya suka dari Dropbox adalah mereka menyediakan aplikasi yang support linux, mac dan mobile. Jadi saya bisa menginstall masing-masing aplikasi di handset android, Macbook dan pc-desktop saya tanpa harus repot-repot mengunjungi website dropbox dan melakukan sinkronisasi.

Mungkin kita pernah ketika lupa menaruh file-file penting, disaat sedang butuh harddisk atau flashdisk ternyata malah ketinggalan atau semacamnya, pada kasus kasus seperti ini kita bisa menggunakan storage online seperti dropbox, beruntung jika ada fitur sinkronisasi agar semua berjalan lebih mudah, sinkronisasi pada dropbox sangat realtime, ketika kita mengupload lewat mobile misalnya, secara langsung aplikasi pada desktop akan merefresh dan mendownload file yang kita unggah dari mobile. Jika kita berada pada desktop-pc atau laptop, kita hanya butuh men-drag and drop file yang ingin kita upload ke sebuah folder endpoint dropbox, dan voila otomatis akan langsung terunggah dan tersinkronisasi ke semua gadget dan komputer kita yang lain! 😀

Memang tidak bisa disanggah lagi, kebutuhan atas storage cloud sekarang ini cukup penting sebagai alternatif, mengapa alternatif? ya alasan klasik, untuk mengunggah dan mengunduh file dengan ukuran besar kita butuh internet, yang dimana kita tahu di Indonesia masih termasuk dalam internet dengan kecepatan terlambat didunia.

Regards,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *