Operasi Gigi Bungsu

Hari ini tanggal 18 Mei 2010 saya baru saja menyelesaikan operasi gigi bungsu yang kedua, operasi yang pertama dilaksanakan bulan sebelumnya. Hal ini bermula ketika 3 bulan lalu gigi saya sakit, ketika saya periksakan ke dokter gigi, dokter menyarankan untuk rontgen, alhasil hasil rontgen terlihat bahwa saya mendapatkan “jackpot“, tidak tanggung-tanggung empat gigi bungsu saya bermasalah, gigi bungsu bagian bawah saya keduanya mengalami impaksi horizontal, dan gigi bungsu bagian atas saya miring.

Apa keempat gigi bungsu saya harus dicabut? ya, dokter menyarankan saya untuk mencabut keempat gigi bungsu tersebut, karena dalam kasus seperti saya, jika dibiarkan terlalu lama atau menunggu sakit, di khawatirkan akan timbul nanah disekitar gigi bungsu tersebut, paling parah saya bisa terkena kista atau tumor, tadinya saya berencana operasi di RS Angkatan Laut Mintohardjo, tapi karena terkendala biaya, akhirnya saya mencari rumah sakit yang murah, dan RSCM adalah tempatnya. Sebenarnya bisa saja langsung mencabut keempat gigi saya, tapi harus bius total, dan biaya akan semakin membengkak, perbandingan cabut satu-satu dengan cabut sekaligus saya hitung-hitung sekitar 2-4 juta-an untuk di RSCM, karena cabut satu gigi di RSCM “hanya” menghabiskan biaya sekitar Rp750.000.- (sudah termasuk obat).

Kenapa banyak orang yang mengalami masalah dengan gigi bungsu? setahu saya, gigi bungsu adalah gigi yang nantinya akan hilang dengan sendirinya dalam proses evolusi manusia, kenapa? karena manusia zaman modern sekarang ini terbiasa makan makanan yang lembek dan lunak, karena itu gigi bungsu “nantinya” tidak diperlukan lagi, ini berbeda dengan kebiasaan manusia pada zaman dahulu dimana terbiasa makan-makanan yang keras, yang membuat rahang kita terlatih dan gigi bungsu kita tumbuh dengan baik.

Sampai saya menulis artikel ini, saya sudah mencabut 2 gigi bungsu bagian bawah, masih ada dua gigi bungsu bagian atas yang menunggu untuk di cabut. Dari contoh gambar disamping terlihat ada gigi yang masih tertanam di bawah gusi yang menumbuk gigi samping nya, kurang lebih seperti inilah yang terjadi pada kedua gigi bungsu saya bagian bawah, tapi kasusnya belum sampai benar-benar menumbuk, masih ada sela sedikit antara gigi bungsu dan gigi sampingnya, kasus ini disebut Impaksi Horizontal, dan disarankan untuk dicabut, karena di khawatirkan akan menimbulkan kista atau tumor jika terlambat dalam penanganan medis, buah simalakama memang, disaat kondisi sedang susah, tidak mau dicabut tapi nanti kena tumor atau kista, tapi kalau mau dicabut saya tidak ada biaya, hehehe..

Pseudo-code atau algoritma operasi gigi bungsu di RSCM kurang lebih seperti ini :

  1. Melakukan pendaftaran di RSCM, jika anda pasien baru, kemudian anda HARUS di periksa oleh dokter gigi terlebih dahulu, namun jika anda sudah terdaftar, di tempat yang sama silahkan mengambil status anda, setelah itu anda tinggal menunggu dipanggil karena status tersebut akan di taruh oleh mas-mas penunggu loket.
  2. Setelah nama anda dipanggil, anda akan disuruh berbaring di tempat yang telah disediakan, disini anda akan diperiksa oleh co-ass, co-ass juga akan melakukan pemeriksaan tensi darah kita, jika normal kita diperbolehkan operasi.
  3. Setelah anda dinyatakan normal dan pemeriksaan standar selesai, anda akan dibawa keruang operasi sesungguhnya, tempatnya bersih dan nyaman, yang akan mengoperasi anda adalah dokter spesialis Bedah Mulut yang akan ditemani oleh satu orang co-ass.
  4. Setelah operasi selesai (kurang lebih 30-60 menit), anda akan dibawa ke tempat pendaftaran di dalam ruang bedah mulut tersebut, dan akan diberikan resep obat dan tentunya biaya yang harus kita bayar dalam operasi tersebut.

Jangan lupa pantangan kita setelah operasi tersebut adalah dalam 1×24 jam kita dilarang berkumur, memainkan lidah di sekitar bekas operasi dan tidak boleh makan/minum yang panas, kalau saya, pasca operasi sampai cabut jahitan, saya hanya makan bubur, jadi bekas jahitan bersih dari sisa kotoran, dan yang patut diingat adalah daerah operasi tersebut akan mengalami pembengkakan selama seminggu dan akan berangsur-angsur berkurang dalam waktu 3 minggu kedepan pasca operasi, gusi kita juga akan sembuh total jika tidak ada halangan selama 3 bulan pasca operasi.

Regards

Sumber :

  1. Gambar hasil rontgen diambil secara acak dari google

97 thoughts on “Operasi Gigi Bungsu

  1. mas, boleh minta alamat lengkap RSCM, nomor telp, n dokter yang menangani bedah mulut?
    gigi taring saya tertanam di dalam gusi…dan saya ingin mendapatkan referensi bedah mulut yang murah namun berkualitas… maklum budget saya minim… makasih yaaa…

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    alamatnya gak tau dimana, nomor telepon sama dokter juga lupa..hehehe,,

    tapi kalo dari ciledug naek patas ac 35, itu nanti langsung berenti depan rscm…

    samping kampus ui salemba

    [Reply]

  2. Halo Kus,

    Gue udah operasi gigi bungsu tanggal 11 November 2010, lubang gigi bungsunya belum tertutup. Jadi sisa makanan sering masuk ke lobang.
    Pernah gak ngalamin seperti ini? Ada solusi gak?

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    lubang gigi bungsu?? lubang gusi nya kali pas gigi bungsu nya dicabut??

    kalo lubang di gigi mah gak bisa nutup, harus di tambel…

    tapi kalo celah di gusi karena bekas gigi bungsu yang dicabut, kata dokternya itu nutup sendiri dalam 3 bulan….

    [Reply]

  3. Salam kenal mas,
    Saya jg tinggal di ciledug,sekedar sharing aja.saya uda 2 x operasi gigi bungsu,yg pertama di LADOKGI (RSAL).taun 2009, 1juta blum termasuk lainnya.minggu lalu saya oprasi gigi kanan bawah saya di klinik gigi khusus RSCM (jl.adityawarman,blok m).biaya di negrinya cuma 660rb.tp ga tau knapa smua pasien yg kasusnya kaya saya,dilempar ke swastanya,biaya 1,2juta oprasinya doang.klo yg mas cerita itu langsung di RSCM nya.bagaimana kualitas pelayanannya ya? Soalnya klo dibandingin di LADOKGI (negri,pelayanan pagi) dengan klinik gigi RSCM (swasta,sore) lebih baik LADOKGI. Ada ruangan khusus utk operasi,klo yg di klinik RSCM,ga ada ruang operasinya,barengan gitu seruangan sama org yg perawatan gigi.saya pingin pindah aja ke RSCM nya klo disana lebih baik pelayanannya. Tapi tetep siyh, saya ambil swastanya..
    Thx

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    LADOKGI mah emang mahal…masa sih dilempar ke swasta?? itu yang kaya gmana yah? baru tau malah…

    iya saya langsung di rscm nya, saya ambil yang pagi….mungkin emang beda,

    kata siapa di rscm gak ada ruangan operasinya, itu disamping ruangan orang2 perawatan gigi ada ruang operasi kecil…:)

    [Reply]

  4. mas..mo tanya…sebelumnya diminta foto untuk gigi pakai panoramic atau foto gigi yang satu persatu itu ?

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    satu persatu?? nggak tuh saya semuanya….

    yang foto rontgen nya kaya muter gitu alatnya :D

    [Reply]

  5. hei kus..
    saya juga punya masalah yang sama dengan kamu.
    4 gigi geraham bungsu saya mesti di cabut karena tumbuhnya miring.
    dan saya pun disarankan untuk melakukan operasi bedah mulut.
    yang mau saya tanyakan, berapa lama operasinya? sakit tidak?
    lalu setelah operasi ada kesusahan dalam makan tidak?
    4 lubang bekas cabutan gigi tersebut perlu ditambal?
    terimakasih :)

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    udah dijawab di chat ya :D

    [Reply]

  6. mas, aku kamis malam bsk mo operasi gigi jg..5 gigi malah yg mo di keluarin :( doain ya…takut banget soalnya

    [Reply]

  7. mas, nanya dong
    saya juga sama ada gigi impaksi horizontal tidur gtu giginya
    tapi blom mendorong gigi depan

    yang mau ditanya?
    sakit ga sih pas dioperasi?
    katany giginya musti di hancurin dlu baru bisa di ambil?
    ngilu2 gtu ga sih?
    thank you

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    nggak, bener2 gak kerasa…:D biusnya manteb :D iya kalo dalem, itu harus diancurin dulu, dibelah 2 supaya gampang….

    ngilu ada tapi dikiiiiiiiiiiiiiiiiiiit…..:D

    [Reply]

  8. ooh gitu yah
    klo mas sendiri di belah dua ga giginya?

    masih takut nih

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    yap :D kalo dalem ya dibelah :D

    [Reply]

  9. DEG DEGAN BANGET NIIH, BEBERAPA HARI LAGI SAYA MESTI KE RUMAH SAKIT UNTUK PENGAMBILAN KISTA GIGI. MESTI DI RAWAT GA YA?

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    kista? kayaknya dirawat..:D tergantung sih, gigi yang dicabut berapa?

    [Reply]

  10. nih yang terkahir deh mas
    saya punya gigi impaksi ga nongol ke gusi sama sekali dan ga sakit
    ketauan karena suruh foto rontgen buat pasang kawat gigi

    klo mas sendiri giginya nongol ke gusi atau terpendam?

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    nah kasus gw sama kaya lw, hehehe,

    [Reply]

  11. udah 1 bln nih saya mau operasi gg bungsu gagal terus karna ngebayangi jarum sutik, jahit dan alat2 medis lainnya… ada saran ga?

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    gak seserem yang dibayangin kok….:) paling pas disuntik doang, kerasa sakit dikit…abis itu bener2 gak sakit :)

    [Reply]

  12. bro, gw juga disuruh dokter gigi, operasi kecil cabut gigi bungsu nih. ada dua di geraham bawah masing2.

    mau tanya dong, kendala setelah operasi nya gmn? aktivitas apa aja yg berasa bgt kehambat? terus masalah gusi nya yg blm nutup itu gmn ya? sampe menganggu bgt gak?
    intinya pasca operasi gmn kbrnya? hehe
    maap kalo kepanjangan, penasaran soalnya. makasih udah saling bantu + info nya ya bro. :]

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    baik2 aja…..pasca operasi, yang penting minum obat jangan telat, itu aja….paling bengkak doang, kalo minum obatnya gak bolong2, ya sakit nya gak kerasa….:D

    [Reply]

  13. Halo Om Kus Salam Kenal.
    Saya juga baru selesai operasi gigi bungsu kanan bawah. Udah lima harian lah masih rada-rada ngilu dan bengkak sedikit. Posisi gigi bungsu saya sama persis sama yang difoto rontgen. Tidur kata dokter sih…bangunin aja katanya… Sebelah kirinya sudah diangkat juga tapi udah lama banget jaman saya masih kuliah. Sekarang di usia 40 an ternyata operasi gigi tidak semulus dahulu jaman muda. Operasi saya 1,5 jam karena gigi saya susah mencabutnya. Terpaksa diancurin ampe ke akar-akarnya. Tapi Alhamdulillah yang penting dah bebas. Oh ya saya di Cirebon dan saya PNS jadi saya pake ASKES di Rumah Sakit Pemerintah. Semua biaya ditanggung sama Askes tersebut.
    Sekian dulu ya barangkali buat share buat yang lainnya. Salam sehat selalu…

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    thanks sharingnya :D

    [Reply]

  14. aku jg punya masalah dengan gigi bungsu bagian kanan atas,ini sering bgt menyebabkan bengkak sampai utk membuka mulut aja susah, yg saya mau tnyakan setelah operasi berapa lama kita normal kembali, nah kebetulan aku ini guru jd mulut adalah modalku,nah apakah operasi menggangu kemampuan berbicara?

    [Reply]

  15. Mas Kus, mau nanya dulu operasi gigi bungsunya dimana?
    tolong infoin yah :) Trimakasih

    (daniel.marbun@car.co.id)

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    RSCM mas :) very recommended :)

    [Reply]

  16. makasih ya Mas sharingnya, geraham bungsu kanan saya atas dan bawah juga sdh hilang.. ternyata yang kiri si bungsu juga bermasalah tapi tetap saja masih ada rasa takut untuk di cabut krn kmrn mungkin krn takut tensi sy naik… hik hik…. thanks yaa sharingnya :)

    [Reply]

  17. mas, nanya2&sharing dong, ibu saya jg punya masalah dgn geraham bungsux, cuman udah ompong tinggal akarnya aja,jd sama dr.spS disuruh cabut aja, trus kita dirujuk ke drg, ternyata drg ga berani cabut(abis biaya konsul 100rb,foto 50rb,admin 20rb) trus kita dirujuk lg ke dr.spBM,nah ternyata bedah mulut buat cabut geraham bungsunya dikenai biaya 3,5jt , busyet dah, langsung batal deh, mana ada duit segitu (kena lg biaya konsul 200rb+admin 20rb),ini di rs siloam(soalnya dr.sp.S ibu saya di siloam). nah yg mo saya tanyakan di rscm waktu mas operasi apa jg melalui prosedur tsb? dgn segala mcm biaya2, bisa ga kita daftar ke dr spBM langsung? ato harus melalui drg dl? biaya brp, drg sama foto ronsent, makasih buat infonya. ps:kita ada ditawari oleh dr.spBM tersebut untuk cabut dirumahnya dgn perkiraan biaya 1jt lebih

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    kalo saya langsung aja ke dokter bedah mulut rscm….biasanya ya di rontgen dulu, atau kalo udah ada rontgennya ya kasih aja…ntar dokternya tinggal atur jadwal operasi kecil nya :D

    gak semahal itu kok…cabut 1 gigi itu 600rban….bisa langsung pulang :D

    [Reply]

    Angel Reply:

    Mas, boleh sharing nama dokternya ?

    Dulu saya pernah operasi untuk bagian kanan. Sekitar 10 tahun yang lalu. Seingat saya, disuntik ke gusi gigi yang mau dicabut dan rasanya sakit sekali. Mungkin itu suntik bius yah, Mas ? Maklum, waktu itu gak pernah tanya tanya ke dokternya.

    Kalau mas, caranya sama tidak ? Atau sekarang lebih baik dan tidak sakit ?

    Thanks sharingnya yah.

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    iya, sekarang masih sama kok….disuntik dulu, masalah sakit banget atau nggak nya….itu tergantung personal masing-masing mungkin ya, caranya masih sama kok :)

    hehehe, lupa siapa nama dokter nya…..:D

    [Reply]

  18. mw share pak, saya juga punya masalah yg sama dan sudah pernah periksa dan rontgen di RS Tarakan tp tdk jd operasi karena terkendala biaya Rp 2 jt per 1 gigi, saya kaget bgt karena saya pikir itu RS pemerintah jd bs terjangkau… makasih buat rekomendasi RSCM nya membantu skali,,

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    oke oke :D sama sama…

    [Reply]

  19. wah ternyata benar , ga sakit kok operasinya, pasca operasi pun juga ga sakit loh, malah lebih sakit sariawan drpd luka operasi. makasih mas sharingnya

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    hehehe, oke :D di RSCM kan? :D

    [Reply]

  20. mas tanya dong,, saya kan pernah patah gigi,jadi kan masih nyisa ( sisa akar) dan katanya harus operasi bedah gusi biar gak sakit terus,,kira” biaya nya berapa ya,,klo boleh tau RSCM mana ya???

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    wah kurang tau…mungkin sama, sekitar 600rb :D rscm itu di salemba….:D

    [Reply]

  21. halo mas Kus.. :)
    saya juga rencana mau operasi gigi bungsu dan sudah konsul dengan dokter sp.BM di RSGM UI salemba (di FKG UI)..
    RSGM ini sama ga ya dengan RSCM?
    soalnya disini harganya lumayan mahal :(
    operasi 1 gigi 2,250jt dan untuk konsul + daftar 170rb..
    dan saya dengar2 dari pasien lain cabut gigi 1jt :( (lumayan menguras tabungan)

    klo misal berbeda, mgkn saya mau operasi di RSCM nya..
    terima kasih mas :)

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    sepertinya berbeda :) di saya waktu itu 600rb

    [Reply]

  22. Salam Kenal,

    Mas Kus, thanks buat infonya ya. Dalam waktu dekat ini saya juga diharuskan menjalani operasi bedah mulut, disebabkan karena Impaksi bagian geraham kanan dan kiri bawah. Walau dibilang operasi kecil tapi saya takut juga nih.

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    di RSCM, good luck..gak sakit kok :D kan di bius, paling di bius nya doang yang sakit :D

    [Reply]

  23. mas kus… akhirnya aq berhasil mengumpulkan keberanian… tadi pagi aq baru operasi gigi taringku… pas dicabut mah ga sakit, coz dibius… tapi sejam setelahnya… hmmmmm sakiitttttt…. (sampe sekarang juga masih kerasa sakit T.T)… makasih banyak ya share infonya, sangat bermanfaat :))

    [Reply]

  24. Mau tany mas,,, gimana caranya gogok gigi y??? *tadi lupa nanya uyyyyy

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    dulu saya 1*24 jam gak gosok gigi…gosok gigi nya setelah itu, ya cukup di bagian yang gak kena operasi, pas kumur2 jangan kenceng2 tapi…biasa aja….

    [Reply]

  25. bang mau tanya donk..klo aku pake JAMSOSTEK kira2 kena harga brapa yah soal nya dlam wktu dekat saya akan cabut gigi bungsu cuma 1 gigi sih..
    dan proserdur nya gmn..?
    saya harus rontgen dulu ..
    saya sudah ke puskesmas di dekat rmh kata nya harus di cabut di rmh sakit RSCM
    mohon bantuan nya…

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    wah kalo pake jamsostek kurang tahu ya :D

    biasanya dateng dulu ke bedah mulut, ntar di rontgen…baru deh ntar ditentuin tindakannya…:)

    [Reply]

  26. kira2 rontgen n operasi + obat2 nya menghabiskan dana brapa yah bang..?
    saya ga ada dana nya ..maklum hanya karyawan swasta..

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    obat + cabut 1 gigi = 700rb-an

    rontgen kurang tau :)

    [Reply]

  27. itu harga kapan mas?..kalo sekarang apa sama harga nya segitu..?
    terimah kasih atas bantuan nya mas

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    hmmm, awal taun sepertinya :)

    [Reply]

  28. assalamualaikum bung kus..
    Hari minggu lalu gigi bungsu saya erupsi, rasanya woow bikin pusing+demam.. lalu hari senin saya mulai browsing2, kira2 dimana nih gigi bungsu dicabutnya. nemu topik ini dan membacanya akhrinya dpt pencerahan.. Lusa pagi (selasa) saya memberanikan diri ke Poli Gigi RSCM di Lt 3. Berikut rundownnya :
    1. Isi Formulir pasien baru di Customer Servise (jika pasien baru)
    2. Menyerahkan Form Pasien baru ke Loket Adm di Lt 3 Poli Gigi (dr lift belok kiri trus masuk lorong kanan)
    3. Tungu panggilan ke dokter Oral Diagnostic (dr Cipto), oya sblum dipangil bayar adm sebesar Rp 42.000. bla..bla.. diputuskan rontgen panoramic
    4. Rontgen Panoramic biaya Rp. 102.000
    5. Konsultasi lg ke dokter,(bla..bla..bla) disuruh ke bag Bedah Mulut.
    6. Bag Bedah Mulut Operasi Gigi Bungsu Rp 660.000, OK, disuruh makan dulu. (akhirny makan kapau disebarang dulu,puas2in makan rendang+ayam bakar :p)
    7. Balik ke Bedah Mulut utk Operasi +/- 1 Jam. (Bonus cabut 1 gigi)
    8. Selesai, bayar administrasi ke loket.
    9. Tebus resep di apotik (amoxilin+asam mefenamat) tp pilih generik aj. saya beli yg Paten Rp 84.000 -__-
    10. Pulang dgn muka lesu smbil gigit kasa.
    *Total Rp.888.000

    [Reply]

  29. Mw nanya mas,kebetulan saya mengalami kasus impaksi horizontal untuk gigi kanan dan kiri bagian bawah,seandainy dicabut sekaligus apa dilakukan prosedur bius total dan mesti rawat inap sekitar 2-3 hari?apa mas pernah dnger informasi sperti itu?saya d rujuk dari rmh sakit daerah saya untuk operasi di rscm,,kbetulan disini g ada spesialis bedah mulut dan dsamping itu jg saya punya hipertensi,,thx sebelumnya mas

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    iya kalo dicabut semua harus di bius total….soalnya kalo dibius kanan kiri kan gak bisa makan, jadi harus di inpus….cmiiw

    btw setau saya yang harus operasi itu ya spesialis bedah mulut…

    masalah hipertensi konsul aja ke dokter…

    [Reply]

  30. Misi mas, mau nanya… mas waktu operasi gigi langsung cabut 2 atau satu-satu? krn dari cerita nampaknya gigi yang dicabut tidak hanya satu ya? apa harus dibius total kalau cabut 2 gigi kanan-kiri? makasi :)

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    saya kan nyabut 4 gigi tapi nyabut nya 1 1…gak sekaligus…ya kalo cabut kanan kiri harus bius total…ntar makannya dari mana? karena kalo misal dicabut kanan aja..ntar kita mengunyah makanan kan sebelah kiri, ya kalo kanan kiri? hehehe

    [Reply]

  31. itu serius ya 600rb utk operasi gigi bungsu? hari apa? hari biasa apa sabtu?

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    hari biasa

    [Reply]

  32. nama dokter bedahnya siapa mas? orangnya enak gak?

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    wah lupa :D pokoknya arab2 gitu :D enak kok…:)

    [Reply]

  33. Saya jg hrs operasi gigi. Saya peserta askes. Pertama saya ke puskesmas. Diperiksa, trus minum obat (semua gratis), 3hr hrs balik lg. Stlh 3hr, saya minta rujukan ke RSCM. Sampai di RSCM, saya
    1. Ke UPJJ utk legalisir Askes
    2. Isi Formulir pasien baru di Customer Servise (jika pasien baru)
    3. Menyerahkan form ke bagian pendaftaran pasien baru, lalu dapat form baru
    4. Menyerahkan form yg didapat dari bagian pendaftaran ke loket adm di Lt 3 Poli Gigi&Mulut (naik tangga yg dekat UPJJ lgsg di dpn poli)
    5. Bayar adm Rp. 10.000
    6. Tungu panggilan ke dokter Oral Diagnostic, diperiksa Dokter, co ass mencatat.
    7. Rontgen Panoramic (gratis krn Askes)
    8. Lalu ke bagian Periodonsia utk bersihkan karang gigi (Rp. 96.000)
    9. Ke bag Bedah Mulut Operasi Gigi Bungsu, disuruh tunggu 1jam,
    10. Makan dulu deh di kantin
    11. Balik ke Bedah Mulut utk Operasi cuma 30menit, tp sebelumnya tandatangan surat pernyataan tindakan operasi
    12. Selesai, dpt resep
    13. Tebus resep di apotik(asam mefenamat gratis + co amoxiclav Rp. 91.000)
    14. Pulang dgn muka lesu smbil pegang pipi krn obat biusnya sdh hilang.
    Total Rp. 197.000.

    [Reply]

  34. mas mau nanya, gigi bungsu kananku ku tumbuh miring, jadinya harus cabut, tgl 7 feb depan nih mau cabut dengan dr gigi ku. biayanya katanya sekitar 500-600ribuan.Tapi sebelumnya,saya konsul dengan bedah mulut,katanya 1 gigi 1,5jt belum rawat inap dan obat2an, dan disarankan cabut gigi bungsu kanan dan kiri (padahal yang sakit kanan doang).yg bikin ragu, mau ngikut yang mana ya,,dr gigi atau dokter bedah? kalau dr gigi bisa mencabut apakah harus ke bedahmulut??makasih atas sharingnya mas..

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    udah di jawab lewat chat ya :D

    [Reply]

  35. mas, mau tanya, kalo periksa gigi di rscm sampe rontgen habis brapa y?
    gigi belakang sya 2 hari ini baru sakit, curiga klo kasusnya sama kyk mas..
    makasih …

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    wah lupa itu udah lama kan :D

    [Reply]

  36. punten mas kus, ini poli gigi di rscm ato Poli gigi RSCM yang di adityawarman

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    poli gigi di rscm

    [Reply]

  37. Krn saya ada riwayat vaskulitis (peradangan pembuluh darah) cabtu 1gigi harus di rawat di RSCM 3hari + harus menggunakan bius total, emang bener di rscm lbh murah di banding yang lain, cuma harus bersabar dengan suster yg rada judes dan antri yg panjang, tp klo di rscm kencananya alias swastanya pasti lbh mahal dan bukannya sampai sore jg

    [Reply]

  38. huaaa kasusnya hampir mirip sama aku, dan besok pagi proses esekusinya.
    sumpah takutt bnged.

    [Reply]

  39. Dear All…just wanna share pengalamanku…aq pnh nyabut gigi bungsu rahang bawah kiri….aq suggest banget ke klinik ora et labora jl. trunojoyo bandung…waktu itu aku ke drg. asri arumsari spbm…layanannya bagus…tempatnya bersih…dan waktu habis dicabut ga bengkak sama sekali….(kata si dokter ga boleh bengkak loh yaaa…soalnya kalo bengkak tanda ada infeksi..) setelah 3 hr udh bs makan..cepet banget n puas bgt sama hasilnya….Harganya 1.250.000 untuk cabutnya plus obat krg lebih1.5jt….masih ada pe-er mo nyabut gigi bungsu atas lg niiiy…:( tp lagi nyari wktu buat ksana……

    [Reply]

  40. Mas kus, aku sdh terlanjur daftar yg di RSCM swasta (adityawarman).
    1 gigi 1,2juta belum termasuk obat :(

    Pas baca blog ini baru tau kalo ternyata beda harga sama RSCM pusat (negri).
    Mau mundur udah terjadwal operasi besok :(
    Minta tipsnya untuk pasca operasi sabaiknya apa sja yg hrs diperhatikan

    [Reply]

  41. wah, kasusnya sama nih…gigi bungsku baru dicabut satu, yang satu lagi belum dicabut. selain karena trauma operasinya yang lama dan penuh perjuangan juga belum ada biaya dan sekarang kerasa bengkak dan ada benjolan sedikit…efeknya sekarang minum air biasa aja ngerasa linu tapi dari pada bengkaknya makin parah, jadi kepikiran buat di cabut aja…

    [Reply]

  42. Skedar sharing aja ni. Gigi geraham bungsu saya tumbuh miring jadi musti dicabut. Aku bwa ke klinik bedah mulut dan orthodentis mecadita solo jateng. Gk dibedah tuh, cuma proses cabut biasa. Biaya cuma kena 200 rb doank

    [Reply]

  43. kawan2 semua, sy ingin berbagi pengalaman sy saat operasi gigi bungsu saat pertama dan terakhir:
    sy menjalani operasi gigi ini diakibatkan gigi bungsu geraham bawah tumbuh miring mendorong gigi depan yg mengakibatkan rasa ngilu dan bengkak pd gusi di sisi kanan dan kiri, dan saat itu sy periksa di dokter gigi yg akhirnya menyuruh untuk melakukan operasi gigi yg saat itu yg direkomendasikan adalah di RSAL dr.Ramelan Surabaya, sy memakai ASKES pd RS tsb dan biayanya gratis….sblm melakukan operasi diwajibkan makan dulu biar nanti pas operasi gak pingsan….memang saat pertama kali operasi rasanya ngiluuuuuu…….banget meskipun sdh dibius lokal tp lama kelamaan saat dibelah giginya (gigi sy ukurannya besar) terasa lama banget krg lbh sktr 1 jam kemudian dicongkel dan dijahit…..alhamdulillah slese juga,,,tp msh kurang satu gigi sebelah kanan….haduhhhhh……rasanya males banget….mengingat rasanya yg amat sangat ngilu saat operasi…….akhirnya 7 bulan kemudian, mau gak mau sy hrs menjalani operasi lagi dikrnkan gusi sering bengkak, yaa belajar dr pengalaman sblmnya saat pelaksanaan operasi sy minta dosis bius ditambah dan alhasil sy gak merasa sakit saat operasi…tapi…….setelah operasi bibir, lidah, pipi terasa tebal selama 3 jam dan stelah itu timbul sakit yg amat menyiksa,,,,haduhhhhh…..tp smua itu sy jalani dg ikhlas dan alhamdulillah skrg sdh agak baikan meskipun msh ada radang dan jahitannya blm diambil…hehehehe…..bagi kawan2 yg akan melakukan operasi gigi, jangan takut yaaa….rasanya lega kok klo smuanya sdh diambil :D

    [Reply]

  44. Dear all
    mohon info dunk,,gigi geraham bungsu ku sakit bgt yg bagian bawah kanan di karenakan numbuhnya tidak sempurna, di bagian atas juga ada 2 akan tetapi ga ada rasa sakit sih,,
    q mau operasi tapi bingung karna bianyanya 3,5 jt – 7 jt,,
    dengernya aj udahkaget gmana kalo mu di akumulasi bwt 4 gigi,,
    mohon minta saran rumah sakit yang murahnya di mana??
    terima kasih

    [Reply]

  45. Dear all….mau ksh info aja…..saya residen bedah mulut FKGUI, kalau mau dilakukan operasi gigi bungsu bisa datang langsung ke RSCM atau ke RSGM di FKGUI salemba, tindakan operasi gigi geraham bungsu kita sebut odontektomi, kalau 4 gigi bungsu bermasalah, dan bukan kasus yg berat spt gg terletak tidur dibawah akar gigi geraham sebelahnya …. Kalau hanya miring ( mesioangular) atau horizontal untuk geraham bungsu yg bawah dan gigi geraham bungsu atasnya miring ke pipi tindakan bisa dilakukan tanpa bius umum atau bius total, dengan tindakan menggunakan bius lokal saja, bisa dilakukan 2 gigi atas bawah sekligus satu sisi kiri atau kanan terlebih dahulu….insya Allah dapat selesai dengang baik…..dan kalau ada yg ingin cabut gigi secara gratis bisa datang ke FKGUI salemba tgl 24-26 september 2012 karena ada pemeriksaan dan perawatan gigi gratis dengan pepsodent….tp untuk operasi gigi bungsu kynya tidak dilakukan yaaaa….smoga infonya bsa membantu…

    [Reply]

  46. Mas Kus yang baik hati karena telah share ceritanya, mau tanya ne…mas kus pada saat operasi umur berapa?
    m,engingat saya juga mengalami hal yang sama dan jujur saja saya takuts aat harus operasi

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    kalau tidak salah, 19 tahun :)

    [Reply]

  47. pak mau tanya kalau operasi akar gigi yg sudah mati berapa ya kira2 biayanya?

    and kalau gigi depan patah trus mau di ganti yg baru kira2 biaya brp? mksh.

    [Reply]

    Kus Andriadi Reply:

    kurang tau saya pak :)

    [Reply]

Leave a Reply